Zedd & Katy Perry (Single / Interscope) – 365

Setelah sempat membuat fans pesimis kalau kolaborasi Katy Perry bersama Zedd akan dirilis, duo ini ternyata mengkonfirmasi dengan merilis single yang berjudul ‘365’ tepat di hari Valentine. Mendengar lagunya sepertinya memang akan menjadi sebuah hits, karena memadukan yang terbaik dari seorang Zedd dan Katy Perry. Dengan mengandalkan produksi bergaya electro-pop yang lembut, ‘365’ melantun manis dengan beat dan chorus yang adiktif. Sekali dengar kita bisa langsung suka dengannya. Ditambah pula dengan liriknya yang romantis. Single dirilis tanggal 14 Februari.


Avril Lavigne (Alb. Head Above Water / BMG) – Dumb Blonde (feat. Nicki Minaj)

Memang benar ternyata Avril Lavigne memilih kolaborasi-nya bersama Nicki Minaj, ‘Dumb Blonde’, sebagai single berikutnya dari “Head Above Water”. Tentu saja Avril tidak bernyanyi dalam track R&B, karena ia tetap setia dengan pop-rock-nya. Dengan semangat anthemik dan ketukan beat ala mars, Avril tampak sangat bersemangat dalam menyanyikan lagunya. Nicki sendiri masuk dalam paruh kedua dan menambah meriah ritme up-beat lagu, sehingga ‘Dumb Blonde’ tegas menjadi sebuah track enerjetik yang fun. Single dirilis tanggal 15 Februari.


Alicia Keys (Single / RCA) – Raise a Man

Selepas menjadi host Grammy Awards, Alicia Keys memberi kejutan dengan merilis sebuah single berjudul ‘Raise A Man’. Ini merupakan lagu pertama Alicia selepas absen selama tiga tahun. ‘Raise A Man’ adalah sebuah balada minimalis bercorak soul yang menghadirkan vokal prima Alicia di saat ia bernyanyi dengan penuh penghayatan. Emosi yang dibangun Alicia begitu membuncah, sehingga lagu sederhana dan relatif low-key ini pun terdengar menawan. Single dirilis tanggal 13 Februari.


YUNGBLUD & Halsey (Single / Geffen) – 11 Minutes (feat. Travis Barker)

Pasangan Halsey dan YUNGBLUD akhirnya merilis single berjudul ’11 Minutes’. Kejutannya, mereka mengajak serta drummer Blink-182, Travis Barker, sebagai bintang tamu, yang berperan penting dalam ’11 Minutes’ karena ketukan drumnya yang ekstensif mengangkat nuansa rock lagu dengan tebal. Sementara itu vokal Halsey dan YUNGBLUD saling bertautan dalam menyanyikan lagu yang berkisah tentang tragedi yang merefleksikan cinta modern masa kini. Didengar-dengar lagunya memang agak emo, karena terdengar moody, tapi ini memang pas dengan Halsey yang alt-pop usungannya memang kerap bergaya sama. Single dirilis tanggal 14 Februari.


Kygo (Single / Sony Music) – Think About You (feat. Valerie Broussard)

Kygo menghadirkan sebuah lagu barunya untuk para kekasih di luar sana berjudul ‘Think About You’. Di dalam lagu ia mengajak Valerie Broussard untuk mengisi vokalnya di mana ia bernyanyi tentang cinta yang hilang dan perasaan yang tak berbalas. Dengan tema seperti itu, ‘Think About You’ memang gampang untuk bisa terkoneksi banyak orang. Apalagi Kygo menghadirkan lagu dalam gaya pop-dance tropical miliknya yang khas. Beat house berpadu dengan baik bersama melodinya. Hook pada chorus juga cukup mengikat, sementara tempo ritmis mengundang untuk berdansa. Single dirilis tanggal 14 Februari.


Bebe Rexha (Single /Warner Bros.) – Last Hurrah

“I’m done with the drinking, I’m done with the smoking, I’m done with the playing, I’m done with the joking,“, nyanyi Bebe Rexha dalam intro lagu barunya, ‘Last Hurrah’. Tahun baru, maka Bebe Rexha punya resolusi baru pula? Bisa jadi. Tapi bagaimana dengan sound lagunya? Apakah menawarkan sesuatu yang baru. Yah, sebenarnya tidak juga. Bertempo medium, “Last Hurrah’ adalah pop-anthemik yang tampaknya dipengaruhi ketukan EDM, meski tidak benar-benar danceful, namun tetap saja sebuah banger. Tapi, boleh dikatakan musikalitas Bebe sudah semakin mantap, tidak terdengar mencoba-coba genre untuk menemukan soundp-nya sendiri. Single dirilis tanggal 15 Februari.


Kehlani (Single /Atlantic) – Butterfly

Selepas merilis single ‘Night Like This’ yang dibantu oleh Ty Dolla $ign, Kehlani sudah kembali lagi dengan sebuah track berjudul ‘Butterfly’. R&B tentu saja masih menjadi alas bagi lagunya, namun lagu ini dinyanyikan Kehlani dengan lembut, sehingga terdengar menenangkan, sementara ketukan perkusi pun melantun ritmis tak kalah lembut menemani. Lagu diset sebagai single kedua untuk mixtape mendatang milik Kehlani, “While We Wait”. Single dirilis tanggal 12 Februari.


Jessie Ware (Single /Universal Music) – Adore You

Sekali lagi Jessie menghadirkan nuansa dance dalam ‘Adore You’. Tentu saja karena ini Jessie Ware yang kita bicarakan, maka dance dalam ‘Adore You’ relatif lebih lembut dan melankolis. Ia membungkus ‘Adore You’ sebagai sebuah bop deep house yang melantung tenang, meski beat tetap ritmis dan mengundang atensi. Jessie menulis lagunya bersama dengan Josep Mount yang merupakan pentolan Metronomy. Josep juga bertugas sebagai produser. Single dirilis tanggal 13 Februari.


Sara Bareilles (Alb. Amidst the Chaos / Epic) – Fire

Sara Bareilles, mengumumkan jika ia memiliki sebuah album baru yang akan segera dirilis. Melalui cuitan Sara ini fans bisa mengetahui cover-art atau sampul untuk album yang diberi judul “Amidst the Chaos”. Kini ia bahkan menyusulnya dengan sebuah lagu baru lain yang bertajuk ‘Fire’. Karena ini Sara Bareilles yang kita bicarakan, maka sudah dipastikan ‘Fire’ adalah sebuah track anthemik yang versatil dan diantarkan melalui vokal Sara yang kadang powerful, terkadang lembut. Sementara itu, melodi lagu tak kalah dalam membetot atensi pendengar dengan beat bergeloranya. Single dirilis tanggal 15 Februari.


CNCO (Single / Sony Music) – Pretend

Rupanya kuintet CNCO ingin melebarkan pangsa pendengar dengan menghadirkan lagu berbahasa Inggris pula, yang dibuktikan dengan single baru mereka, ‘Pretend’. Memang tidak penuh dalam bahasa Inggris, karena CNCO juga tetap menghadirkan lirik dalam bahasa Spanyol sebagai penyeimbang. Sebagai langkah awal, ini merupakan permulaan yang menjanjikan. ‘Pretend’ sendiri tetap disajikan dalam bop latin ritmis dan catchy, sebagaimana lagu-lagu CNCO sebelumnya, sehingga dipastikan tidak akan membuat pangling pendengar mereka. Single dirilis tanggal 15 Februari.


Cardi B & Bruno Mars (Single / Atlantic) – Please Me

Jadi, single kolaborasi kedua antara Cardi B dan Bruno Mars berjudul ‘Please Me’. Sebagaimana ‘Finesse’, lagu ini juga masih meminjam nuansa pop-R&B ala 90-an, utamanya dari nyanyian Bruno. Tapi, beat lagu jelas berada di koridor mid-tempo yang biasa dibawakan Cardi, meski tidak terdengar edgy seperti kebanyakan yang dihadirkannya. ‘Please Me’ boleh dikatakan sebagai sebuah track romantis, sehingga masih paslah untuk memeriahkan hari Valentine tahun ini. Single dirilis tanggal 15 Februari.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.